KAB. GORONTALO

Nelson Pomalingo Tinjau Lokasi Banjir

M-BhargoNews, (Boliyohuto), – Banjir akibat meluapnya sungai Boliyohuto , Kabupaten Gorontalo menyebabkan banjir dan beberapa Desa terendam air. Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof.Dr.Ir.H. Nelson Pomalingo, M.Pd, langsung terjun ke lokasi untuk memastikan para korban banjir mendapat bantuan secepatnya.

Menurut Bupati, bahwa dalam menanggulangi bencana beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama melakukan pendataan dan menyelamatkan bagi seluruh rakyat. Alhamdulillah tidak ada masyarakat yang hanyut (korban-red). Dan yang kedua mendata fasilitas yang rusak seperti rumah warga, jembatan, Sekolah SMA Boliyohuto rusak, SDN 9 Boliyohuto, SMP 6 Boliyohuto, juga ada panen yang rusak serta ada 4 ekor sapi yang hanyut (korban-red).

“Ini perlu didata dengan baik, karena akan kita bantu. Jadi mohon ibu sekda koordinasikan ini dengan warga yang memiliki ternak, ada juga tanaman jagung yang rusak, juga masalah jembatan gantung dan jembatan panjang yang rusak kita bicarakan dengan badan bencana dan rapatkan dengan balai sungai.” jelas Nelson saat meninjau lokasi banjir dibeberapa Desa Kecamatan Boliyohuto, Rabu (4/03/2020).

Bupati Nelson mengajak semua pihak untuk melakukan evaluasi dan bekerja sama dengan baik dalam hal pengendalian banjir dan bencana alam, utamanya di wilayah Boliyohuto dan sekitarnya. Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama OPD terkait, relawan dan masyarakt akan menjalankan strategi pengendalian dan bantuan baik dalam jangka pendek, menengah maupun panjang.

“Bantuan jangka pendek yaitu makanan dan minuman itu. Untuk jangka menengah, ini berupa bantuan terhadap hal – hal yang rusak. Kemudian untuk jangka panjang, mencari tahu dan memperbaiki penyebab banjir maupun bencana alam.” ujarnya.

Akhir sambutannya Bupati Nelson berharap kepada seluruh warga masyarakat tetap tabah, bersabar dan berdoa. karena setiap kejadian itu pasti ada hikmahnya.

Terimakasih, kepada pak Camat kepala Desa , tim penggerak PKK, TNI-Polri, dan seluruh relawan yang dengan semangat membantu bersama dalam menanggulangi problema didaerah ini.” tutupnya.(SD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close