KAB. GORONTALO

Bupati Nelson Pomalingo Diberi Adat “Pulangga”

M-BhargoNews, (Limboto), – Pemberian gelar adat “Pulanga” oleh Tim Pemangku Adat Ulipu Uduluwo Limo Lopohalaa Gorontalo, kepada Bupati Gorontalo, Prof.Dr.Ir.H. Nelson Pomalingo, M.Pd, di Rumah Dinas Bupati, Limboto, Rabu, (11/03/2020).

Bate Lolimutu To Boungo, Darisman Katili, alias Paci Maniko, mengatakan Gelar adat tersebut diberikan kepada Bupati Nelson Pomalingo karena sudah banyak Ilomata-Ilomata (Hasil karya-red) untuk Gorontalo khususnya Kabupaten Gorontalo.

“Memang kami dari pemangku adat sudah menerima beliau karena beliau sudah wajar diberikan “Pulanga” karena sudah banyak ilomata yang di perbuat oleh beliau.” ungkap Paci.

Kepada awak media, Bupati Nelson menyampaikan, Gorontalo merupakan salah satu daerah yang kaya dengan adat istiadat, jadi kalau ada seseorang yang punya nilai, prestasi atau sesuatu yang dikerjakan jabatan patut dihargai.

“Orang gorontalo itu, orang yang tau menghargai dengan adanya gelar “pulanga” yaitu gelar yang diberikan.” kata Bupati Nelson, usai pemberian gelar Pulanga.

Lebih lanjut Bupati, mengatakan dirinya terharu terhadap pemberian gelar ini, karena bukan sekedar keilmuan tapi yang paling utama adalam moral, baik kepada dirinya maupun untuk seluruh rakyat Kabupaten Gorontalo.

“Dengan gelar “Pulanga” ini akan berdampak kepada saya pribadi, keluarga, tentunya kebaikan serta penyemangat bagi saya untuk bekerja dengan ikhlas, dalam mengabdi untuk masyarakat di Kabupaten Gorontalo.” ujarnya.

Terakhir Bupati Nelson, berharap dalam pemberian gelar “Pulanga” harus dengan alasan yang kuat agar dirinya tidak menerima begitu saja. Dan pelaksanaanya diproses dengan benar, karena tahapannya sudah dilakukan oleh pemangku adat Ulipu Duluwo Limo Pohalaa. Dan akan dirumuskan dengan seluruh pimpinan daerah di Gorontalo.

“Kalau bisa kita akan mengundang pemangku pemangku adat yang dari luar daerah yaitu raja raja nusantara. Kenapa, karena saya ingin memperlihatkan juga bahwa di Gorontalo punya budaya yang luar biasa yang bisa memberikan penghargaan pada seseorang. Kita tau bersama budaya Gorontalo ini melayu, jadi rumpun melayu itu yang akan saya persatukan di gorontalo sekaligus promosi terhadap Gorntalo.” tutupnya. (SD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close