KAB. GORONTALO

Muljadi : Peran Alsistan Untuk Petani Dapat Meningkatkan Efisiensi Dan Kuwalitas Produksi Pertanian

M-BhargoNews, (Gorontalo), – Alat mesin pertanian (alsintan) adalah semua alat dan mesin yang digunakan dalam usaha bidang pertanian. Peran alsintan sangat dibutuhkan dalam pembangunan pertanian. Peningkatan teknologi tepat guna melalui alsintan ini juga dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi pertanian.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian, Dr.Ir. Muljadi D. Mario, kepada media bhargonews.com, diruang kerjanya, Jumat, (13/03/2020)

Muljadi, menyebutkan semua alat mesin pertanian (alsintan) yang ada di Brigade Alsintan dalam keadaan yang siap pakai dan fit untuk para petani yang ada di Provinsi Gorontalo.

Ketika kelompok tani baik itu gabungan kelompok tani (gapoktan) atau usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) ingin meminjam alat-alat pertanian, pihaknya selalu memberikan alat yang baik dan siap digunakan.

“Kami harapkan kepada peminjam ketika melakukan pengajuan peminjaman dapat mengembalikan alsintan dengan keadaan yang fit sama seperti ketika kami pinjamkan,” ungkapnya

Alat mesin pertanian yang dipinjam oleh kelompok tani dikembalikan setelah pasca panen dalam keadaan yang kurang baik, maka mereka diminta untuk melakukan perbaikan terlebih dulu sebelum dikembalikan.

“Dengan prosedur yang seperti ini, kami berharap para peminjam dapat bertanggungjawab dengan alat yang digunakan dengan kesadaran bersama,” ujarnya.

Terkait dengan perawatan alsintan yang ada di Brigade Alsintan, Muljadi menyebutkan pihaknya telah memiliki mekanik yang profesional. Dan anggaran tersendiri sebagai biaya untuk peremajaan alsintan yang terparkir di Brigade Provinsi Gorontalo.

Muljadi berharap akan memaksimalkan pelayanan untuk petani melalui aplikasi online plasma.go sehingga petani bisa langsung akses ke aplikasi tersebut.

“Ini kami lakukan untuk mengefisienkan petani dalam peminjaman Alsintan sehingga kesejahteraan petani di Gorontalo terwujud dan sukses.” tutupnya.(SD).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close