KAB. GORONTALO

Nelson : PKK Adalah Mitra Strategis Dalam Pembangunan Daerah

M-BhargoNews, (Limboto), – Guna meningkatkan peran aktif dalam pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan 10 Program Pokoknya. Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Gorontalo melaksanakan konsolidasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Gorontalo, di Gedung Kasmat Lahay, Limboto, Senin (16/03/2020).

Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo, Dr. Fory Naway, M.Pd, dalam laporannya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tinginya kepada bapak ibu camat di 19 kecamtan yag telah melayani dan lebih khusus kepada seluruh kepala kepala desa dan kelurahan yang tercinta dan tersayang karena merekalah yang menerima, meyantuni Tim PKK sampai dengan pelayanan yang berlebihan dalam monitoring evaluasi 205 desa dan kelurahan.

“Alhadulillah berbagai tantangan dan rintangan yang kami hadapi termasuk transportasi waktu dan juga menelantarkan keluarga selama satu bulan 15 hari dengan keikhlasan suami-suami tercinta, alhamdulillah maka kegiatan ini terlaksana dengan baik.” ujarnya.

Fory menyampaikan, tujuan pelaksanaan kegiatan hari ini adalah mempererat tali silaturahim dan meningkatkan rasa kebersamaan tim peggerak PKK Desa Kecamatan dan Kabupaten Gorontalo dengan pemerintah Desa Kecamatan dan Kabupaten dalam membangun Daerah, serta meningkatkan semangat sinegitas tim PKK dengan aparatur pemerintah.

“Dalam kegiatan ini, kami mengangkat tema mewujudkan tim penggerak PKK yang profesinal dan mandiri.” terangnya.

Fory menjelaskan secara singkat tentang lahirnya PKK, tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa serta kelurahan, berawal dari gerakan pembangunan masyarakat mandiri dan melakukan Seminar Home Economic di Bogor yang menghasilkan rumusan 10 Segi Kehidupan Keluarga.

Lanjutnya, “Gerakan PKK dimasyarakat berawal dari kepedulian seorang isteri gubernur jawa tengah, Isriati munadi, dengan 10 segi pokok yang dibentuk tim PKK dan di dukung oleh APBD tahun 1967.” jelasnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof.Dr.Ir.H. Nelson Pomalingo, M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan, peran serta dan kiprah Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah daerah sangat penting dan strategis dalam mendorong perubahan untuk kemajuan daerah.

“PKK adalah mitra strategis untuk kita sekalian. Dan hari ini ada satu budaya yamg dilakukan yaitu melakukan monitoring dan evaluasi. Kadang kita hanya merencanakan dan melaksanakan, tapi melakukan monitoring dan evaluasi secara detail tidak dilaksanakan, padahal itu merupakan bagian untuk melakukan perubahan-perubahan.” ujarnya.

Kenapa dikatakan mitra strategis lanjut Nelson, karena PKK merupakan sebuah gerakan pembangunan yang tumbuh dari atas sampai kebawah bahkan sampai dasawisma, dimana pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Oleh karena itu, OPD, Camat, Kepala Desa, tolong digunakan dengan baik.

“Hari ini kadang kala karang taruna tidak sampai kebawah kita gunakan, begitu juga bidang olahraga tidak sampai kebawah kita gunakan, maka mohon sekali lagi, OPD, Camat, Kepala desa/lurah digunakan dengan baik karena jenjangnya sampai kebawah.” kata Nelson.

Diakhir sambutannya Bupati Nelson, menghimbau kepada OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, untuk saling bekerjasama. Pemerintah sebagai fasilitator untuk memasilitasi dan meberikan semangat, karena partisipasi itu dilakukan bersama-sama.

“Saya minta dukungan ini termasuk anggaran, pemdes kita buat perbup tentang pendidikan, padahal bicara pendidikan, kesehatan dan sebagainnya PKK sudah berbuat. Maka tolong kewajiban dari desa kelurahan, menganggarkan dan mensuport PKK demi daerah yang kita cintai.” pungkasnya.(SD).

.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close