KAB. GORONTALO

Hadapi COVID-19, Desa Labanu Bagikan Sembako Untuk 830 Kepala Keluarga

Kabgor, M-Bhargonesw. Corona Virus Disease (Covid-19), membuat Pemerintah Indonesia bergerak cepat dalam mencegah dan melakukan pengendalian untuk meminimalisir dampak dari virus mematikan tersebut, tak terkecuali Pemerintah Provinsi Gorontalo, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo. Tak ketinggalan Pemerintah Desa Labanu Kec. Tibawa turut serta bergerak cepat agar masyarakatnya aman dari wabah COVID-19.

Setelah sebelumnya Pemerintah Desa (Pemdes) Labanu melakukan pergeseran anggaran sebagaimana sebagai implementasi Edaran Menteri Desa Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 08/2020 dan edaran dari Kepala Dinas Pemdes Kab. Gorontalo Nomor 140/DPMD/135/III/2020. Selanjutnya Pemerintahan desa mengimplementasikan dengan memberikan bantuan pangan kepada seluruh kepala keluarga (KK) sejumlah 830 KK yang berdiam di Desa Labanu.

Hasan K. Piyo, Kepala Desa Labanu ketika di temui M-bhargonews sabtu, 11 April 2020 menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan kompensasi sekaligus membantu pangan masyarakat yang hingga saat ini pendapatan mereka berkurang akibat dampak COVID-19.

Semua KK kami berikan karena kami menilai bukan hanya orang miskin saja yang merasakan dampak COVID-19 tapi orang berkemampuan juga merasakan dampaknya, apalagi Desa Labanu hampir 90% penduduknya adalah petani, tutup Hasan

Ketua BPD Desa Labanu Sry Neneng Hongi ketika dikonfirmasi via seluler sabtu, 11 april 2020, menyampaikan bahwa benar BPD dan Pemerintah Desa Labanu saat ini sedang menyalurkan bantuan pangan sebagai penanggulangan dampak dari wabah COVID-19.

Menurut Neneng, bantuan pangan ini diharap bisa membantu mengurangi beban hidup masyarakat karena saat ini kemampuan masyarakat sangat berkurang akibat dampak COVID-19.

Sekertaris Desa (sekdes) Labanu Rahmat Hasan yang memimpin langsung penyaluran bantuan pangan ini menyampaikan bahwasanya pemerintah desa saat ini sementara membagikan bantuan pangan berupa beras 20 liter, telur 1 bak, gula 1 kg, teh 1 dos, ikan kaleng 5 kaleng, susu bubuk 1 gantung dan vitamin 2 strip dan untuk desa labanu seluruh kk yang terdaftar kami berikan bantuan tanpa kecuali yang penting kk tersebut ada di desa.

Rahmat juga menambahkan bahwa selain penyaluran bantuan pangan, pemdes juga telah melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga sebagai bentuk pencegahan COVID-19.

Ditempat yang sama salah satu tokoh aktivis Gorontalo (Ketua LSM SPAK Gorontalo) yang juga masyarakat Labanu Rahmat Mamonto sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa Labanu, bahkan nampak aktivis yang begitu kritis itu ikut serta bergabung membantu para petugas/relawan satgas dalam menyerahkan bantuan.

Ketika di wawancarai, Rahmat menyampaikan bahwa ini adalah bentuk kepedulian pemerintah yang wajib hukumnya di beri apresiasi karena begitu peka terhadap situasi dan kondisi masyarakat. “saya sangat apresiasi dan wajib hukumnya di dukung karena pemerintah desa begitu peka terhadap rakyatnya”, pungkas Rahmat. (AFS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close