DAERAHGORONTALO UTARA

Kedatangan KM Tanto Sejahtera Dipelabuhan Anggrek Disambut Gembira

M-bhargonews.com – Gorut, Tujuan pemerintah pusat untuk mempercepat distribusi barang dan jasa direalisasikan oleh perusahaan Pelayaran PT. TANTO INTIM LINE (TIL) Perusahaan berkantor pusat di Surabaya itu dengan perwakilan hampir diseluruh nusantara termasuk di Gorontalo,
Kemarin sabtu tgl 18 April 2020 sekitar pukul 19 : 54 Wita. KM (Kapal Motor) Tanto Sejahtera bersandar di pelabuhan Anggrek Gorontalo Utara setelah berlayar dari bitung,

Buruh saat menyambut KM. TANTO SEJAHTERA

Kapal peti kemas tersebut disambut gembira oleh masyarakat khususnya buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)
beberapa saat setelah KM Tanto Sejahtera sandar, para buruh TKBM membentangkan spanduk bertuliskan Ucapan Selamat DATANG TANTO INTIM LINE dipelabuhan Anggrek dibarengi dgn yel – yel khas buruh TKBM Anggrek sembari membentangkan sepanduk, sebagai luapan rasa gembira.

 

Pelayaran Perdana Kapal Peti Kemas PT TIL di pelabuhan Anggrek mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, Wakil Ketua Koperasi TKBM Anggrek Maju Mawan Moohulao sabtu (18/04/2020) saat di wawancarai merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada manajemen PT. TIL kehadirannya dipelabuhan Anggrek adalah rezeki bagi buruh, pendapatan kami meningkat terlebih dimusim wabah COVID-19 seperti sekarang ini kapal – kapal asing 4 bulan terakhir sejak COVID-19 mewabah tidak satupun lagi masuk pelabuhan Anggrek, sementara Bongkar/Muat jagung sifatnya hanya musiman sehingga kami mulai khawatir pendapatan buruh bakal teracam berkurang drastis, namun dgn adanya PT. TIL kami lega. kami juga berharap PT. TIL akan melakukan Bongkar Muat dipelabuhan Anggrek secara tetap seperti halnya Pelayaran Peti Kemas PT. MERATUS yg telah lebih awal hadir di pelabuhan Anggrek.

Kami berharap kepada pemerintah untuk memberikan kemudahan pada PT. TIL dalam hal penyediaan fasilitas pendukung lainnya baik didalam pelabuhan maupun diluar pelabuhan, pungkas Mawan Moohulao.

Dukungan serupa juga disampaikan oleh Kepala Desa Ilangata Kab. Gorut Sumarjim Moohulao kepada media ini, senin (20/04/2020),
Kades Ilangata mengungkapkan bahwa kehadiran PT. TIL dgn segala fasilitas pendukungnya adalah berkah tersendiri buat masyarakat Desa Ilangata dari sisi ekonomi masyarakatnya sangat diuntungkan pendapatan buruh naik, penyerapan tenaga kerja setempat dgn akan hadirnya DEPO PETI KEMAS di mitra PT. TIL di Dusun Pilomujia Desa Ilangata. kemungkinan peluang usaha baru pun ikut terbuka karena masyarakat pedagang bisa mengakses langsung Peti Kemas yg ada di Depo. misalnya ngirim jagung ke jakarta pedagang kecilpun bisal walaupun jagung tidak cukup 1 Container bisa dikirim. karena keneradaan Deponya dekat untuk bisa diakses, pokoknya saya mendukung selama itu mengungkan bagi masyarakat saya.

Masih menurut Sumarjim, dari 15 Perusahaan yang ada di Desa Ilangata, hanya perusahaan ini (PT. TIL. Red) yang memiliki komitmen siap membantu Pemerintah Desa Ilangata dan saya yakin komitmen membantu Pemerintah Desa akan di lakukan oleh perusahaan Tanto ini, ujarnya.

Tokoh Pemuda yg juga sebagai Pedagang Jagung yg ikut menyaksikan Pelayaran perdana PT. TIL dipelabuhan Anggrek Arman Hasan kepada media ini senin, (20/04/2020) ketika di wawancarai menyampaikan rasa syukurnya dengan adanya Pelayaran PT. TIL membuat biaya pengiriman barang dari jakarta akan kompetitif bisa jadi PT. TIL akan menawarkan biaya pengiriman barang Anggrek Jakarta lebih rendah dari yg berlaku selama ini, tentu ini akan berimbas pada biaya produksi perusahaan pengumpul jagung, maka imbasnya adalah harga jagung bisa lebih tinggi dari harga sekarang, tutup Arman.

Sebagaimana pantauan kami dilapangan pelayanan perdana PT. TIL yaitu KM. Tanto Sejahtera yg menurunkan 114 buah Peti Kemas kosong serta memuat 55 buah Peti Kemas berisi jagung hasil pertanian petani gorontalo.

Kedatangan perdana Pelayaran PT. TIL dipelabuhan Anggrek ternyata mendapatkan sedikit hambatan, Kepala KUPP (Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan) Anggrek yang pada awalnya telah memberikan ijin penumpukan peti kemas sementara di depan gudang KUPP untuk Peti kemas kosong yg akan diturunkan namun di injury time tiba-tiba Kepala KUPP membatalkan ijin tersebut, pihak PT. TIL pun kelimpungan untuk menempatkan Peti kemas kosong, tidak ada pilihan lain selain menempatkan peti kemas tersebut di lokasi penumpukan Barang ex penumpukan Barang PLTU Tomilito yg saatbini di kelola oleh PT. Kurnia Anggrek Bahari (PT. KAB).

Tidak sampai disitu, saat KM Tanto Sejahtera akan bersandar dipelabuhanpun, dua jalur jalan Akses menuju Dermaga ditutup menggunakan container kosong oleh oknum pihak PT Titian Labuan Anugerah (TLA), meskipun sempat diwarnai adanya pemblokiran beberapa ruas jalan akses oleh oknum PT. TLA selaku pemilik Badan Usaha Pelabuhan (BUP), namun proses bongkar muat petikemas tetap berlangsung walaupun hanya menggunakan satu jalan akses keluar yang berhimpitan dengan mobil truck yang wara wiri mengangkut jagung untuk di muat di KM Amntra IV.

Pimpinan PT. TLA Theo Moses ketika dikonfirmasi senin (20/04/2020) membantah bahwa pihak PT. TLA menutup akses jalan, Theo bahkan menyampaikan bahwa pihak PT. TLA hanya menutup pintu lokasi/lahan yang di pegang oleh PT. TLA dengan alasan pihak PT. TLA juga sementara melakukan kegiatan di dalam lahan tersebut dan terdapat kendaraan yang juga sementara kerja. “jadi saya bukan tutup jalan yang saya tutup bukan jalan, lahan saya yang saya tutup, jalan ada, kan lahan saya, baru orang lalu lalang, mobil saya juga sementara kerja di jalan jangan sampai terjadi kecelakaan bagaimana?”

Theo bahkan menyampaikan kalau pihak PT. TIL perlu lahan di dalam pelabuhan, pihak PT. TLA siap membantu dalam pengurusannya sampai di pusat, ujarnya.

Sampai berita ini ditayangkan, media sudah mencoba menghubungi beberapa kali Kepala KUPP dinomor 0812218##### namun hingga berita ini tayang pihak KUPP belum mengangkat tlp ataupun membalas WA. (AFS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close