POHUWATO

Pastikan Kesiapan Pohuwato Lawan Pandemi, Wabup Pantau Pos Perbatasan

M-BhargoNews, Pohuwato – Merespon covid-19 yang telah mewabah di Indonesia, Pohuwato tak tinggal diam. Daerah paling barat Provinsi Gorontalo ini menyiapkan diri untuk melawan wabah agar tak makin meluas dan menyerang warganya. Hal ini nampak jelas saat pemantauan aktivitas di Pos perbatasan Pohuwato oleh Amin Haras, Wakil Bupati Pohuwato, Selasa (28/4/2020).

Dimulai dari pos perbatasan di Kecamatan Paguat, kemudian perbatasan Molosipat-Moutong yang ada di Popayato Barat, peninjauan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan sistim pendataan dan pelaporan di perbatasan oleh petugas kesehatan dan aparat pendukung lainnya.“Harus bisa dipastikan yang masyarakat yang melintas maupun yang masuk terdeteksi kondisi awal kesehatan mereka. Kemudian tujuannya ke desa mana sehingga nantinya data-data yang masuk dari perbatasan itu akan di sebar ke semua puskesmas-puskesmas yang ada di wilayah tempat dia atau alamat dari warga yang masuk,” ungkap Wabup ” akan menjadi warga yang akan di pantau selama kurang lebih 14 hari oleh petugas-petugas kesehatan yang ada di kecamatan. Untuk memastikan kondisi kesehatan mereka dalam jangka waktu 14 hari itu” kata Amin “ketika di dapatkan ada gejala tentu langsung diambil tindakan secara protokoler kesehatan untuk dapat menjaga atau mencegah penularan yang lebih meluas” sambung amin

Sistim pendataan dan pelaporan itu menurut Amin harus tertata dengan bagus untuk bisa dipantau dan dideteksi Petugas kesehatan guna mencegah dan menekan penyebaran covid-19. “Kita harus bisa menyelaraskan persepsi agar sistem pelaporannya juga menjadi terkontrol” tutupnya (Alj)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close