DAERAHKAB. GORONTALO

Bupati Nelson: Hari Selasa Lounching Pasar Digital “SIPARDI”

M-BhargoNews, (Limboto), — Mengurangi transaksi belanja tatap muka secara langsung di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Gorontalo luncurkan aplikasi Sistem Pasar Digital (SIPARDI) untuk menjamin dan melayani warga belanja sembako untuk kebutuhan hari-hari selama PSBB.

Hal ini disampaikan Bupati Kabupaten Gorontalo, Prof.Dr.Ir.H. Nelson Pomalingo, M.Pd, di ruang Upango Badan Keuangan Daerah Kabuoaten Gorontalo, Minggu (03/05/2020).

“Kita akan mendorong pasar Online insya Allah hari selasa kita lounching.” ucap Nelson.

Menurut Nelson, adanya aplikasi pasar Online/Mobile melalui aplikasi SIPARDI merupakan salah satu upaya Pemkab Gorontalo mencegah penyebaran virus corona. Diharapkan dapat berhasil dalam pencegahan Covid-19 di Kabupaten Gorontalo

“Pasar mobile itu adalah pasar yang melayani warga dan pesanannya akan diantar oleh orang pengemudi bentor.” ujarnya.

Kehadiran pasar mobile melalui aplikasi SIPARDI ini diharapkan dapat memberikan jawaban kepada masyarakat dalam mengurangi berkumpul dalam melakukan transaksi jual beli khususnya bahan-bahan pokok.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Haris Suparto Tome, mengatakan, pasar digital ini diciptakan dan digagas bagi komunitas pedagang agar tidak langsung bertatap muka dengan pembeli untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Ini kami gagas sesuai intruksi Bupati Nelson Pomalingo untuk para pedagang yang tergabung dalam komunitas seperti, Dahangi, Mata Garuda, Patali, dan lain-lain.” ujarnya.

Haris menjelaskan dalam aplikasi SIPARDI tersebut juga sudah disediakan kurir yang akan mengantar langsung kerumah pembeli, untuk harga sama seperti di pasar dan juga bahan-bahan pokok ini sudah disediakan langsung dari para pedagang pasar.

“Jadi kurir menggunakan jasa bentor yang sudah diberi subsidi oleh pemerintah agar proses distribusi barang berjalan lancar.” jelas Haris.

Haris menambahkan, untuk cara mengakses diaplikasi SIPARDI, sebelumnya pembeli maupan penjual melakukan registrasi di https://sipardi.gorontalokab.go.id kemudian mengisi from kalau bagi penjual diisi nama tokohnya, bahan-bahan difoto lalu kemudian diupload dan setelah itu klik Ok. Dan untuk pembeli yang ingin membeli barang misalnya sembako caranya sama dengan melakukan registrasi dan mengisi from dan memilih barang sesuai dengan kebutuhan.

“Pada saat beli barang ada tawar menawar melalui chating yang disediakan oleh fasilitas SIPARDI.” tandasnya.**(SD)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close