DAERAHKAB. GORONTALO

Rapat Jurnalis, Kadis Hartom Pentingnya Kode Etik Jurnalis

Hartom: Menyebarkan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Masyarakat Berdasarkan Data Dan Fakta Yang Kredibel.

M-BhargoNews, (Limboto), — Sejumlah wartawan yang tergabung dalam ikatan wartawan kabupaten gorontalo (IWKG) mengikuti rapat arahan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gorontalo, Haris Suparto Tome, terkait informasi yang bermanfaat kepada publik, melalui video conference, di Media Centre, Kantor Dinas Kominfo Kabupaten Gorontalo, Minggu, (10/05/2020).

Dalam arahan Kadiskominfo, ada beberapa poin yang harus dilakukan media dalam penyebaran informasi kepada publik, baik informasi program pemerintahi daerah maupun informasi pemerintah daerah dalam percepatan penanganan wabah covid-19.

“Informasi yang diberitakan oleh wartawan itu sangat penting bagi masyarakat dengan mengacu pada kode etik jurnalis, agar berita itu bermanfaat bagi publik yang sesuai dengan fakta dan data yang kredibel.” ujar Kadis.

Selain itu Haris menuturkan bahwa penting juga untuk para wartawan dalam melakukan peliputan dan pengolahan data sesuai dengan fakta yang valid. Dan wartawan juga harus terus belajar dan berkembang, karena setiap harinya bertemu dengan informasi yang berbeda dan baru.

“Misalnya memberitakan suatu persoalan dilapangan, harus ada klarifiikasi dari sumber yang valid, sumber data yang jelas, karena muaranya nanti masyarakat akan mendapatkan data yang baik. Sehingga masyarakat tidak panik dan tidak mendapatkan informasi yang sepotong-sepotong,” tuturnya.

Haris juga menyebutkan bagi perusahaan media yang telah melakukan publikasi kegiatan Pemda Kabupaten Gorontalo sesuai kontrak, mengajukan penagihan dan melampirkan bukti fisik Advertorial. Pihaknya akan mengupayakan pembayaran.

“Insya Allah proses pembayaran cepat terealisasi.” terang Haris.**(SD)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close